lockdown

Istilah work from home (WFH) mendadak jadi trending topic belakang ini, terutama di Indonesia. Seiring merebaknya corona virus disease 2019 (Covid-19). Sehingga, banyak kantor/pemerintahan maupun private sector terpaksa melakukan kegiatannya di rumah masing-masing.

Nah, akhir-akhir ini, pemerintah menyarankan, seluruh aktifitas kantor maupun pemerintahan, dilakukan di rumah, atau bahasa kerennya “Work From Home”. Dan juga menjalankan prinsip “Social Distancing”. Atau jaga jarak sementara demi meredam penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini.

Bagi yang memang sudah terbiasa kerja dari rumah, hal ini mungkin tidaklah asing. Seperti profesi : Freelancer, youtuber, Digital Marketing, atau profesi yang masih bisa kerja diluar. Namun WFH ini sebagian besar memerlukan adanya akses Internet demi menunjang kegiatan pekerjaannya.

Namun, Bagaimana dengan profesi lain yang ‘mengharuskan’ pergi ke luar rumah? Yang paling utama adalah tetap jaga kesehatan diri masing-masing. Kalau tubuh mulai merasakan sakit, segera berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit.

Menyikapi hal ini, Pemerintah berwacana untuk melakukan Lockdown supaya penyebaran virus tidak meluas. Beberapa wilayah malah sudah melakukan ‘lockdown lokal’

Baca juga : Maksimalkan webinar dikala social distancing

Nah bagaimana kita sebagai masyarakat menyikapi lockdown tersebut? Kami ada beberapa tips bagi sobat semua bila kebijakan lockdown ini benar-benar akan dilaksanakan di Indonesia. Berikut ulasannya!

Bekerja atau Belajar di Rumah ( Bagi yang Bekerja di Rumah ).

Bekerja di Rumah juga sebagai salah satu kegiatan yang produktif dikala kebijakan lockdown ini di putuskan. Lakukan pekerjaan secara remote, atau mencoba bisnis online bisa menjadi solusi. Pelajar dan Mahasiswa pun masih bisa produktif dikala keputusan “lockdown”sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Mengerjakan PR dan project dari sekolah bagi para pelajar, sedangkan mahasiswa bisa berkonsultasi ke Dosen melalui jaringan online. Jadi ya, masih tetap bisa produktif kan?

Bercekrama Bersama Teman di Media Chat Online.

Kalau Lockdown, sosialisasi secara face to face susah dong? bosan juga ya jika kita engga bersosialisasi atau ngobrol sama siapa-siapa. Jangan pusing ! kalian bisa mengobrol sama teman atau tetangga kamu melalui media chat online loh. Banyak fitur didalamnya. Bisa videocall juga yang bisa membuat waktu kamu tetap produktif dikala Lockdown, loh ! sekaligus bisa menghilangkan rasa kangen kalian tentunya,

Menciptakan Sesuatu di Rumah.

Jika kamu memiliki kegiatan diluar dari kantor atau sekolah dan bahkan kuliah, kamu bisa menciptakan sesuatu dari rumah loh. Entah itu membuat sebuah konten, seperti video, tulisan, dll. Itu bisa meningkatkan produktifitas kamu dirumah jika terjadi kebijakan “Lockdown”. Atau bisa jadi masukan sampingan, wahhh pasti enak deh 😊

Ikut Webinar

Nah berada di rumah bukan berarti sobat mager terus ya, kita mesti terus beraktifitas menambah ilmu, jika dalam keadaan normal kita bisa mengikuti seminar offline, namun sekarang sobat bisa memaksimalkan untuk mengikuti seminar online atau biasa disebut webinar. Banyak kok webinar yang diadakan oleh penyedia layanan training, tema webinar pun beragam, sobat bisa sesuaikan dengan minat dan ketertarikan sobat ya.

Itulah beberapa aktifitas yang bisa bikin produktif di rumah, dikala memang terjadi kebijakan “Lockdown” dari Pemerintah. Semoga, wabah virus Corona atau Covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa beraktifitas seperti biasanya. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *