konten artikel

Konten ( bahasa inggris : content ) adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Penyampaian konten dapat dilakukan berbagai medium seperti Internet, Televisi, CD, Audio, Video, Tulisan, bahkan acara langsung seperti konferensi.

Contohnya, konten video di Youtube. Orang-orang jaman sekarang sudah familiar untuk posting konten videonya di Youtube. Tema konten yang dipakai juga bervariasi, mulai dair Vlogging, Prank, Motivasi, Film, dll. Jangan lupakan konten untuk website/blog sobat, konten bisa berupa artikel dari industri yang relevan, maupun konten artikel promosi yang memberikan informasi yang menarik mengenai perusahaan/produk sobat semua.

Konten pun bisa jadikan jalur alternatif dalam pemasaran. Apalagi di dunia serba digital. Kehidupan di era 4.0 tidak bisa lepas dari hal berbau digital, dunia yang ‘hampir’ tidak ada batasannya. Semua bebas melakukan apa saja, asal positif tentu saja ya sobat 😊

Konten promosi secara soft selling belakangan ini juga semakin banyak peminatnya, karena bisa mendeliver pesan secara halus tanpa kelihatan berjualan banget. Misalkan, Sobat mempunya perusahaan dalam bidang minuman, sobat bisa mulai membuat konten mengenai pentingnya minuman sehat, bisa juga tips memilih minuman yang sesuai untuk acara tertentu.

Baca Juga : 4 TIPS PRODUKTIF DIKALA LOCKDOWN

Tak hanya menjualnya secara offline saja, Sobat bisa menjualnya secara lebih luas ke dalam bentuk digital. Sobat bisa buat konten berupa copywriting secara pribadi, maupun via media yang menampung untuk mempromosikan konten perusahaan minuman yang Sobat miliki. Jangan remehkan, income seorang penulis artikel atau copywriter itu lumayan lho.

Jadi, apa sih “PENTINGNYA KONTEN BAGI PERUSAHAAN” ?

Sangatlah penting, membuat sebuah konten berarti membuat strategi pemasaran produk. Sebuah konten haruslah benar-benar mencitrakan nilai dari sebuah perusahaan/produk. Jangan lupa untuk menambahkan konten visual yang menarik sehingga membuat Audience yang melihat konten Sobat menjadi tertarik dan ingin terus melihat konten perusahaan/produk Sobat tersebut.

Langkah-langkah membuat konten pun harus terarah. Seperti, konsep awal pembuatan, hingga melakukan eksekusi. Jadi, jangan asal-asalan, buatlah konten untuk dipasarkan yang benar-benar menjadi jati diri atau ciri khas dari perusahaan/produk Sobat. 

Bagaimana Sobat dapat menciptakan brand visual yang kuat?

  • Tampilan yang sederhana – Sobat bisa melihat contoh utama dari sebuah merek yang konsisten dari online untuk pemasaran offline. Sederhana namun berarti.
  • Tone – Apakah tone perusahaan/produk Sobat berani, bersemangat, lucu, pintar, atau cool?  Sobat perlu menciptakan ikatan antara Sobat dan audience dengan tone yang sesuai ciri khas Sobat.
  • Pesan yang jelas – Miliki gambaran yang jelas dari perusahaan Sobat, kepribadian, suasana hati, dan sejarah.
  • Bercerita – 92% konsumen mengatakan bahwa mereka ingin brand untuk membuat konten yang menceritakan sebuah kisah. Namun, setiap brand memiliki cerita sendiri, jadi terserah kepada Sobat bagaimana cerita brand tersebut.
  • Menjadi magnet kepercayaan – 60% konsumen mengatakan mereka hanya akan membeli dari merek yang sudah familiar.

 

Jadi, itulah mengapa, sebuah konten penting bagi sebuah perusahaan. Tentu saja semua konten yang Sobat buat di media online harus selaras dengan kenyataan yang ada serta mendukung penjualan secara offline. Karena Keberhasilan suatu Perusahaan/produk sangat ditentukan oleh kerjasama strategi Online dan Offline yang saling bersinergi.

So, sudah buat konten untuk produk kalian?

Author : Faisal Amir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *